Clause dan Phrase (Part 5)

Clause adalah bagian dari sentence yang mempunyai subject serta predicate. Sebenarnya secara tidak langsung sudah ada pada bagian complex sentence pada judul “Jenis “Sentence” Berdasarkan Bentuknya (Part 4)“.

Contoh: Because I love English, I enjoy learning it. Dalam sentence ini terdiri dari 2 bagian, yaitu: “Because I love English dan  “I enjoy learning it“. Masing-masing bagian mempunyai subject dan predicatenya (kata yang dicetak tebal). Because I love English dan I enjoy learning it merupakan bagian dari sentence yang mempunyai subject serta predicate. Jadi, kedua-duanya termasuk clause.

Contoh: You will pass the exam if you study hard. Sama seperti pada contoh pertama kalimat tersebut juga terdiri dari 2 bagian, yaitu “You will pass the exam” dan “if you study hard“. Setiap bagiannya sudah mempunyai subject dan predicatenya masing-masing. Bagian dari sentence yang mempunyai subject dan predicate adalah clause. Jadi kalimat ini juga termasuk clause. Clause juga terdiri dari main clause dan sub-ordinate clause, ada pada bagian “Jenis “Sentence” Berdasarkan Bentuknya (Part 4)“.

Phrase adalah gabungan dua kata atau lebih serta tidak mempunyai arti yang lengkap. Maksudnya tidak lengkap adalah sebuah phrase tidaklah mempunyai subject dan predicate.

Contoh: book adalah sebuah kata, jika ditambahkan kata yang lain misalnya a, the, dan my maka akan menjadi a book, the book, dan my book. Contoh lainnya: learning English, fresh water, at school, in the classroom, the United States of America, The United Kingdom, the capital city of Indonesia, dan the people of different ages.

Sumber: EASY GRAMMAR…

Thank you very much!

Leave a comment